Cara Alami Mengobati Keseleo

Sumber: deherba.com

Dilansir dari alodokter.com keseleo atau terkilir adalah cedera pada ligamen, jaringan yang menghubungkan dua atau lebih tulang pada sendi. Keseleo dibagi menjadi tiga menurut tingkat keparahannya seperti keseleo ringan, sedang dan berat. Keseleo ringan dapat menyebabkan nyeri, bengkak atau robekan kecil pada ligamen. Pada keseleo sedang, ligamen robek sebagian disertai nyeri dan pembengkakan yang cukup parah. Hal ini dapat mempengaruhi kestabilan sendi. Sedangkan pada keseleo berat logamen putus dan sendi menjadi tidak stabil, nyeri dan bengkak yang ditimbulkan akan sangat parah dan disertai dengan kerusakan jaringan di sekitarnya.

Lalu apa yang harus dilakukan ketika keseleo? Bagaimana cara mengobati keseleo dengan alami?  Sebelum mengetahui cara mengobati keseleo dengan alami, kamu terlebih dahulu harus tahu penyebab dan gejala dari keseleo. 

Beberapa kegiatan yang menjadi penyebab keseleo adalah melakukan teknik latihan yang salah ketika sedang berolahraga, beraktivitas atau berolahraga pada medan yang tidak rata, melakukan gerakan berputar ketika berolahraga seperti dalam atletik, dan ketika olahraga atau melompat melakukan pendaratan atau jatuh pada posisi yang salah. Selain itu, terdapat beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko keseleo seperti menggunakan perlengkapan olahraga seperti sepatu yang sudah tidak layak pakai dapat menjadi penyebab keseleo. Oleh karena itu, gunakan perlengkapan olahraga yang sesuai standar dan layak pakai agar tidak mencelakai diri sendiri dan dapat mengurangi risiko keseleo. Selain itu, bentuk tubuh yang tidak ideal juga dapat menjadi penyebab karena hal ini dapat membuat otot dan sendi tidak sepenuhnya dapat menyokong gerakan ketika sedang berolahraga. Selanjutnya, tubuh lelah dapat menjadi penyebab karena kamu tidak dapat memaksakan tubuh untuk terus beraktifitas. Memaksakan tubuh ketika sedang lelah hanya akan memberikan dampak buru dan performa yang kurang baik.

Lalu, apa saja gejala yang ditimbulkan dari keseleo? Menurut hellosehat.com tanda dan gejala umum dari keseleo adalah timbulnya rasa nyeri, sulit berjalan, bengkak di bagian yang terkilir, tidak dapat bertumpu pada sendi yang keseleo dan perubahan warna kulit. 

Biasanya keseleo sering dianggap remeh karena kegiatan sehari-hari hanya akan berisiko untuk keseleo ringan. Namun, jika keseleo dibiarkan begitu saja tanpa adanya tindakan dan mengobatan, maka keseleo akan memberikan dampak buruk yang lebih besar seperti komplikasi. 

Dilansir dari deherba.com terdapat beberapa bahan-bahan untuk mengobati keseleo dengan alami seperti:

  1. Nanas

Nanas memiliki banyak aktivitas biologis yang bermanfaat seperti antoksidan, anti-inflamasi, dan anti-platelet. Nanas juga mengandung vitamin C yang tinggi dan antioksidan alami dapat menghambat perkembangan penyakit kronis seperti jantung dan kanker tertentu. Aktivitas anti-inflamasi yang dimiliki nanas dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, memulihkan fungsi penuh dari sendi dan mengembalikan keseimbangan sendi yang keseleo. Kamu dapat membuatnya menjadi jus dan mengonsumsinya secara rutin.

  1. Daun gandarusa

Daun ini secara tradisional dapat mengobati beragam jenis penyakit seperti hati, tumor, kulit dan peradangan. Daun gandarusa juga memiliki aktivitas anti-inflamasi dan analgesik yang dapat untuk mengatasi keseleo aktivitas analgesik akan bekerja sama dengan aktivitas anti-inflamasi untuk mengurangi rasa nyeri pada area yang terkilir. Kamu dapat meminum rebusan daun gandarusa pada pagi dan sore hari. 

Itulah cara mengobati keseleo dengan alami yang dapat kamu coba di rumah. Kamu dapat mengonsumsi secara rutin untuk menghindari penyakit lainnya. Jika keseleomu cukup parah, gunakanlah pengobatan medis untuk mengatasinya. 

Health

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*